Pedoman Penulisan

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH ASET

  1. Naskah diketik dengan spasi 1 pada kertas A4 (21 x 29,7 cm) dengan huruf bertipe Times New Roman font 12. Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia baku. Panjang naskah tidak lebih dari 7.000 kata atau 25 halaman A4. Naskah dapat dikirimkan kepada redaksi melalui laman ojs Jurnal Ilmiah ASET di journal.widyamanggala.ac.id dengan terlebih dahulu menghubungi redaksi untuk mendapatkan user name serta password author dan file naskah dalam bentuk format program pengolah kata Microsoft Word versi 2007 (.docx).
  2. Naskah yang diterbitkan berupa hasil penelitian. Naskah belum pernah dipublikasikan atau tidak dalam proses penyuntingan dalam jurnal berkala lain.
  3. Penulisan rujukan dalam naskah harus bersumber dari pustaka primer yang mutakhir dan konsisten dengan daftar pustaka.
  4. Biodata dan alamat semua penulis agar dilampirkan dalam lembar terpisah. Biodata dan alamat lengkap meliputi : nama lengkap, instansi, alamat instansi, alamat rumah, telepon kantor, telepon rumah, HP, dan e-mail.
  5. Sistematika naskah meliputi komponen : judul, abstract, key words, pendahuluan, tinjauan teoritis, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka.
  6. Judul dirumuskan dalam Bahasa Indonesia tidak lebih dari 14 kata.
  7. Abstract ditulis dalam dalam 1 paragraf Bahasa Inggris yang tidak lebih dari 200 kata. Isi abstract harus mengandung empat unsur meliputi : latar belakang penelitian, metode penelitian, temuan penelitian, dan simpulan.
  8. Key words ditulis dalam Bahasa Inggris maksimal 6 kata. Cara pengurutannya dimulai dari kata yang spesifik ke kata yang umum yang ditulis dalam 1 baris.
  9. Pendahuluan berisi latar belakang, perumusan masalah, dan tujuan penelitian yang maksimal ditulis dalam 2 halaman.
  10. Tinjauan teoretis memaparkan kerangka teoritis berdasarkan tinjauan literatur yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan hipotesis dan model riset.
  11. Metode penelitian memuat metode seleksi dan pengumpulan data, pengukuran dan definisi operasional variabel, dan metode analisis data berdasarkan prosedur penelitian.
  12. Hasil dan pembahasan menguraikan analisis data riset dan deskriptif statistik serta pembahasan yang disajikan secara sistematis sesuai dengan tujuan penelitian. Pembahasan hasil dapat mengacu pada tabel dan/atau gambar, namun tidak semata-mata hanya mendeskripsikan tabel atau gambar. Pembahasan harus menunjukkan keterkaitan antara hasil penelitian dengan temuan penelitian sebelumnya.
  13. Simpulan berisi temuan dan kesimpulan penelitian. Simpulan hendaknya tidak mengulang hasil dan pembahasan penelitian secara verbatim. Simpulan juga memuat implikasi penelitian, keterbatasan penelitian, dan agenda penelitian mendatang.
  14. Daftar Pustaka memuat sumber-sumber yang dikutip dalam penulisan artikel yang ditulis mengukuti sistem nama-tahun dengan susunan : nama penulis (secara alfabetis), tahun publikasi, judul jurnal atau buku teks, nama jurnal atau penerbit, volume jurnal atau tahun penerbitan.